Mobil Rantis Maung Versi Sipil Mulai Dipasarkan

Mobil Rantis Maung Versi Sipil Mulai Dipasarkan
Selasa, 26 Januari 2021

Bandung. Mesin turbodiesel kubikasi 2.400 cc, PT Pindad (Persero) mebangun kendaraan taktis (Rantis) ringan bernama Maung. Desain tangguh dengan perawakan siap tempur.

Mobil Rantasi Maung versi sipil buatan PT Pindad (Persero) mulai dipasarkan. Ist.

Rantis Maung didesain double cabin. Masuk ke dalam, pengendara harus mengangkat kaki lebih tinggi karena ground clearance Maung yang tinggi. Lingkar kemudi memudahkan untuk beradaptasi. Jok bucket seat dengan seat belt empat titik ini masih nyaman digunakan.

Suara mesin cukup terdengar hingga ke ruang kabin. Getarannya sangat minim. Walaupun memiliki dimensi bongsor dan kaki-kaki yang kekar, tetap responsive bergerak.

Pedal gas ditekan lebih dalam membuat putaran tenaganya makin keluar. Perpindahan gigi tergolong mulus. Bagaikan mengendarai mobil pickup kabin ganda.

Impresi mesin turbodiesel bertenaga 149 tk dan torsi 400 Nm, terasa sejak putaran rendah. Sesekali menginjak pedal gas lebih dalam di jalan aspal, tenaganya langsung meluap.  Hentakan bagi pengendara dan penumpang cukup halus.

PT Pindad (Persero) mulai pengembangan teknologi kendaraan bermotor sejak tahun 1993, melalui program mobil nasional (Mobnas). Pindad telah bekerja sama dengan pihak dalam maupun luar negeri.

Produk-produk kendaraan tempur yang dihasilkan, diantaranya Rantis 4x4 Komodo dan Panser 6x6 ANOA. Telah diproduksi lebih dari 300 unit dengan berbagai varian. Sudah ikut dalam misi perdamaian dunia Persatuan Bangsa Bangsa (PBB) di Lebanon, Afrika Tengah, hingga Sudan.

Produk penelitian dan pengembangan terbaru, produk medium tank “Harimau”. Hasil bekerjasama dengan FNSS (Turki), didukung Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. Tank harimau dipersenjatai Turret 105 mm, mampu melewati berbagai medan pertempuran. (nur)

Ilustrasi Rantis Maung. Ist.


Open Comment
Close Comment

Belum ada Komentar untuk "Mobil Rantis Maung Versi Sipil Mulai Dipasarkan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel